Demi Menambah Pendapatan Keluarga, Guru Honorer Rela Berjualan

Demi menambah pendapatan keluarga, Listuti Harni Sitompul S.PD guru honorer SMPN 2 Satu Atap Dusun IV Tani Makmur Desa Mekar Makmur rela berjualan dan membuka les bahasa inggris di rumahnya dan juga menjadi penyiar radio, Dusun III Setia Damai, Desa Mekar Makmur, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat.

Kegiatan berjualan ini dilakukannya di Sekolah pada saat jam istirahat. Lokasi sekolah yang merupakan wilayah perkebunan tersebut, memang sedikit sulit ditemukan warung jajanan anak-anak. Keadaan ini membuka peluang bagi Listuti untuk berjualan jajanan anak-anak di halaman sekolah.

“Sekarang hidup semakin susah. Dengan gaji sebagai guru honorer yang hanya 300 ribu hingga 900 ribu per tiga bulan, terasa sangat minim. Makanya saya ambil inisistif berjualan di halaman sekolah di samping warung di sekitar cukup jauh”. ujarnya

Baginya profesi sebagai guru honorer merupakan panggilan jiwa, setelah dia menamatkan sekolah tinggi pendidikan guru di Padang Sidempuan.

Dirinya berharap  gar pemerintah memperhatikan nasib guru honorer dengan menaikkan gaji yang masih minim atau segera mengangkat statusnya menjadi guru tetap (PNS).

Apalagi sekarang pemerintah mewajibkan penggunaan komputerisasi pengisian nilai seperti penggunaan aplikasi K-13 itu. Di sisi lain kesejahteraan guru belum mendapat perhatian yang lebih baik, bagaimana lagi kualitas murid ke depannya?

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*